Rabu, 26 Juli 2017

Daging Lipan , Manfaat Daging Lipan Untuk Kesehatan

DAGING LIPAN
==============<>
Kelabang memiliki kepala berwarna merah kecoklatan dengan bentuk bulat, ujung depan meruncing dan menonjol serta terdapat satu pasang sungut atau antena berwarna kuning keemasan. Panjang kepala sekitar dua kali panjang ruas pertama setelah kepala. Di bawah kepala terdapat sepasang kaki yang diatasnya terdapat pengait racun. Bagian punggung dari ruas kedua dan seterusnya berwarna hijau merah kehitaman dengan ruas terakhir berwarna kuning kecoklatan. Tubuh kelabang pipih dengan panjang 6 - 15 cm, terdiri kurang lebih 22 ruas, dan lebar badan 5 - 11 mm. Semua ruas dibagian bawah kelabang berwarna kuning muda dan terdapat 21 pasang kaki. Kaki kakinya mengarah ke samping hanya kaki pada ruas terakhir terlihat paling panjang mengarah ke belakang.Dan lipan tergolong hewan yang tidak cukup beracun yang sampai mampu menghilangkaan nyawa manusia , dan apalagi kalau kita mau teliti ternyata di antara banyak khasiat Lipan ini ternyata lipan memiliki khasiat serta manfaat yang sama dengan Titan Gel yaitu di peruntukkan untuk Organ vitalitas agar organ alat vital pria lebih kuat perkasa saat bersetubuh dengan Istri

Habitat kelabang
 Semua kelabang senang hidup di daerah yang lembab dan gelap. Kelabang termasuk hewan pemakan daging.

 Cara penangkapan  kelabang
 Cara menangkap  kelabang dapat dilakukan dengan mengumpulkan dan menimbun bulu ayam atau tulang ayam pada kayu lapuk di tempat yang lembab dan gelap kemudian didiamkan.  Dalam waktu singkat, kelabang akan berkumpul pada timbunan tersebut sehingga mudah ditangkap.

 Bahan sediaan kelabang sebagai obat
 Seluruh tubuh kelabang dapat digunakan sebagai bahan obat yang utuh. Bentuknya lonjoran pipih dengan panjang  6-15 cm dan lebar 5 - 10 mm. Bagian kepala kemerah merahan. Punggung hijau kemerahan dan kehitaman serta terlihat berkilau. Perut berwarna kuning atau merah kecoklatan, dan kaki berwarna merah kecoklatan. Ruas terakhir mirip sengat dengan bau amis.

Komposisi kelabang sebagai obat
 Tubuh kelabang mengandung racun, mirip racun lebah, yaitu histamin  dan protein pelarut  darah serta mengandung lemak.

Serbuk campuran kelabang dan kalajengking seberat 1 gram yang diberikan terus menerus selama 3 - 9 hari dapat melawan kejang kejang dan tidak sadarkan diri. Hal ini telah dilakukan pada hewan percobaan tikus putih yang diberi obat penenang dalam jumlah berlebihan

Cara pengolahankelabang sebagai obat
Kelabang yang sudah ditangkap di tusuk bagian kepala sampai ekor nya seperti sate. Rentangkan tusukan tersebut lurus lurus dan jemur sampai betul betul kering. Cara lain untuk mengolah kelabang adalah menyiram kelabang dengan air mendidih kemudian susun dan panggang atau dijemur hingga kering, bahan ini siap untuk dijadikan sediaan bahan obat tradisional

Pantangan!
Wanita hamil tidak boleh meminum obat ini. Sediaan bahan obat alternatif kelabang ini tidak boleh dicampur dengan bahan lain seperti laba laba, murbei, dan garam.

Mungkin Anda masih bingung membedakan antara lipan, luwing dan kaki seribu. Sebenarnya luwing merupakan nama lain dari kaki seribu. Kalau lipan bisa sering disebut dengan kelabang. Lipan merupakan hewan yang memiliki kaki di setiap ruas tubuhnya (metamerik). Lipan sendiri terkenal dengan binatang berbisa yang racunnya sangat berbahaya untuk manusia.

Anda mungkin akan merasa takut, jijik sekaligus geli apabila melihat lipan dari dekat. Akan tetapi, ternyata di beberapa negara seperti Thailand dan Afrika daging lipan memiliki manfaat yang sangat banyak bagi manusia.

Pada seluruh bagian tubuh lipan sendiri bisa dijadikan untuk obat. Akan tetapi, terdapat beberapa ciri-ciri dari lipan yang harus Anda perhatikan. Memiliki perut yang berwarna kuning, punggung kehitaman atau kemerahan hijau dan berkilau, kepala yang kemerah-merahan, kaki pada ruas tubuh yang berwarna kecoklatan dan memiliki panjang sekitar 5-15 cm.

Khasiat daging lipan dapat Anda dapatkan tentunya dengan proses masak yang tepat. Ketika Anda sudah menemukan lipan hal pertama yang harus dilakukan adalah menusuk bagian ekor sampai kepala seperti membuat sate. Kemudian jemur terlebih dahulu daging lipan sampai kering. Terdapat cara lain dengan menyiram dengan air mendidih dan panggang. Maka lipan siap di nikmati dan Anda akan merasakan khasiat daging lipan.

Tidak perlu terlalu lama memasak lipan didalam air yang mendidih, karena itu akan mengurangi kandungan gizi yang terdapat dalam lipan. Jika Anda termasuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak perlu mengkonsumsi lipan. Karena tidak dianjurkan sama sekali bagi ibu hamil dan menyusui untuk mengkonsumsi daging lipan baik itu sebagai obat kapsul maupun serbuk. Jika memang ingin mengambil manfaat pengobatan herbal, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengkonsumsi daging jenis lain yang tak kalah berkhasiat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI